Friday, April 4, 2014

Radiasi Partikel Misterius Bisa Serang Tubuh

Materi gelap (dark matter) masih menjadi misteri. Obyek tidak terlihat ini membentuk sebagian besar materi di alam semesta. Kendati berasal dari luar angkasa, tubuh kita tidak bebas dari dampaknya.

Partikel materi gelap disebut sebagai partikel masif berinteraksi lemah (WIMPs). Obyek ini diserap semua orang di bumi dengan kecepatan sekitar satu menit. Setiap harinya ada miliaran partikel yang melewati bumi.

Para ahli fisika menyatakan sinar ini tidak berbahaya. Radiasinya dapat diabaikan seperti sinar kosmik.

"Masih ada kemungkinan materi ini dapat menyebabkan mutasi yang berbahaya bagi Anda," ujar Katherine Freese selaku peneliti Universitas Michigan AS.

"Tapi, kemungkinan ini masih sangat rendah," imbuh Freese seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

WIMPs menjadi salah satu teori yang harus diselesaikan untuk memecahkan teka-teki "materi gelap". Sayang, materi ini begitu sukar dideteksi.

"Kami digerakkan oleh fakta bahwa WIMPs menjadi kandidat sempurna untuk penelusuran materi gelap di jagad raya. Perkiraan kami didapat dengan meneliti manusia seberat 70 kg dan berbagai massa WIMP untuk melihat persinggungannya. Kami menemukan miliaran WIMPs melintas melalui tubuh manusia setiap detik. Angka yang mengenai nukleus hampir satu setiap menit," lanjut Freese.

Sumber : news.viva.co.id

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2016 niceia.com(ROD before)